Sabtu, 28 Januari 2023

Jatah Kursi DPRD Provinsi Jambi Dapil Kerinci-Sungaipenuh dan Kota Jambi Berkurang

Jumat, 20 Januari 2023 | 11:57:01 WIB


KPU Provinsi Jambi uji publik rencangan pemilihan DPRD Provinsi Jambi
KPU Provinsi Jambi uji publik rencangan pemilihan DPRD Provinsi Jambi /

JAMBI - KPU Provinsi Jambi melakukan uji publik rencangan pemilihan anggota DPRD Provinsi Jambi pada Pemilu 2024 mendatang. Uji publik ini dengan mengundang pejabat daerah kabupaten/kota di BW Luxury Hotel Jambi, Jumat (20/01). 

Berdasarkan data jumlah penduduk Provinsi Jambi  3.642.763. Dari jumlah penduduk dan agregat kependudukan itu terjadi pergeseran jumlah kursi di beberapa daerah pemilihan (Dapil) anggota DPRD Provinsi pada Pemilu 2024, namun tetap berjumlah 55 kursi.

Pergeseran alokasi kursi terjadi di daerah pemilihan Jambi I yaitu Dapil Kota Jambi. Pada Pemilu 2019 alokasi kursi Dapil Kota Jambi sebanyak 10 kursi, namun untuk Pemilu 2024 berkurang 1 menjadi 9 kursi.

Sementara Jambi II Dapil Batanghari-Muarojambi bertambah 1 kursi yaitu dari 10 menjadi 11 kursi. Jambi III Sarolangun-Merangin jumlahnya tetap 10 kursi untuk DPDR Provinsi.

Sementara Jambi IV Kerinci-Sungaipenuh alokasi kursi berkurang dari 6 menjadi 5 kursi. Sedangkan Dapil Jambi V Bungo-Tebo alokasi kursinya bertambah dari 10 menjadi 11.

Dapil VI Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar)-Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) alokasi kursi untuk pemilu 2024 tetap  yaitu sebanyak 9 kursi.

Komisioner KPU Provinsi Jambi, Apnizal menyebutkan penataan Dapil dan alokasi kursi menggunakan data kependudukan semester I tahun 2022. Setelah dihitung, dari data itu didapat jumlah kursi untuk masing-masing Dapil.

"Rata-rata terjadi penambahakan jumlah penduduk, namun paling signifikan Dapil II dan V sehingga terjadi pergeseran kursi," ujar Apnizal.

Apnizal menyebutkan, dalam uji publik ada beberapa masukan dari pemerintah daerah dan Bawaslu. "Masukan itu akan kami sampaikan ke KPU RI. Besok akan ada lagi uji publik dengan Parpol, tentu akan ada masukan lain," pungkasnya.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments