Senin, 30 Januari 2023

Nama-nama Bakal Calon Bupati Bungo Mulai Bermunculan

Rabu, 25 Januari 2023 | 16:04:36 WIB


Auri Adham Putro
Auri Adham Putro / Metrojambi.com

MUARABUNGO - Nama-nama bakal calon yang akan bertarung pada Pemilihan Bupati (Pilbup) Bungo 2024 mulai bermuncukan.

Dari polling yang banyak tersebar di sejumlah grup WhatsApp, ada beberapa nama yang muncul dan digadang-gadang akan mencalonkan diri merebut BH 1 KZ dan BH 2 KZ.

Adapun nama-nama tokoh yang digadang-gadang akan maju di Pilbup Bungo 2024 yakni, Safruddin Dwi Aprianto yang saat ini menjabat Wakil Bupati Bungo, Ketua Dewan Pembina Partai Perindo Kabupaten Bungo, Maidani, serta Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Bungo, Jumiwan Aguza.

Tidak hanya dari kalangan politisi, nama-nama bakal calon Bupati Bungo dari kalangan pengusaha juga mulau bermunculan, seperti Erick dan Alfarobi.

Pengamat politik dari Universitas Muara Bungo, Dr. Auri Adham Putro, S.Sos, M.Si mengatakan, meski sudah banyak nama yang muncul, namun belum ada yang berani menyatakan sikap tegas untuk maju sebagai calon Bupati 2024 mendatang.

Bahkan partai-partai besar yang menjadi pemenang pada Pemilu 2019 lalu dan menduduki kursi pimpinan legislatif pun juga belum ada yang berani secara resmi mendeklarasikan kadernya untuk mencalonkan diri sebagai bakal calon bupati atau wakil bupati Bungo 2024.

"Nama-nama belum ada yang mengerucut, sehingga belum bisa disebut dengan kristalisasi dari sebuah upaya politik untuk tujuan tertentu," ujar, Rabu (25/1/2023).

Selain itu, Dosen FISIP UMB dan IAK itu juga mengatakan jika saat ini partai lebih baik terfokus kepada Pileg terlebih dahulu. Pasalnya, pembentukan koalisi pada Pilbup nanti juga sangat ditentukan oleh kekuatan jumlah kursi yang ada di Legislatif.

Sehingga, untuk saat ini peluang partai yang akan menjadikan kadernya sebagai kontestan dalam Pilbup 2024 masih dikatakan berpeluang semua.

"Peta politik di Bungo tidak akan jauh berbeda dari tahun sebelumnya, politik berbasis aliran sungai masih sangat menentukan arah dukungan Pilkada besok. Politik ini masih sangat melekat kuat di Kabupaten Bungo," tutupnya.


Penulis: Khairul Fahmi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments