Al Haris: Geopark Merangin Siap Dinilai UNESCO

- Jumat, 13 Juli 2018 | 16:46 WIB
Bupati Merangin H Al Haris bersama pejabat Kementerian pada Konfrensi Nasional I Geopark Indonesia
Bupati Merangin H Al Haris bersama pejabat Kementerian pada Konfrensi Nasional I Geopark Indonesia

BANGKO – Geopark Merangin yang masuk dalam Geopark Nasional telah siap dinilai kembali oleh UNESCO, yang akan dilakukan di Persncis tahun depan. Berbagai sarana penunjang dan kearifan lokal juga telah disiapkan secara matang.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Merangin H Al Haris pada acara Konfrensi Nasional I Geopark Indonesia, pada Kamis (12/7) di Gedung Bappenas Jakarta Pusat. Pada acara yang dibuka Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman Republik Indonesia Luhut Binsar Panjaitan tersebut, bupati menegaskan untuk kali ini Merangin tidak mau gagal kembali dalam penilaian.

“Saya akan terus berupaya agar Geopark Merangin bisa berkembang dan masuk dalam Gugusan Geopark Dunia yang diakui Unesco,” ujar Haris usai menghadiri Konfrensi Nasional I Geopark Indonesia di Bappenas Jakarta Pusat.

Dijelaskan Haris, Geopark Merangin masuk dalam delapan Geopark Nasional di Indonesia. Dimana Geopark Merangin merupakan salah satu fosil tertua dan juga terlengkap di dunia.  

Ia pun meminta Menko Kemaritiman RI, Menteri Pariwisata RI  Arif Yahya,  Kepala Bappenas RI Bambang Brodjonegoro dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI Triawan Munaf, bisa membantu percepatan menuju Geopark Dunia.

Para menteri itu diharapkan bisa memberi semangat dan motivasi serta bantuan dana, guna pengembangan Geopark Merangin – Jambi. Diakui bupati saat ini Pemerintah Pusat sudah serius mengolah geopark.  

“Alhamdulillah pada penilaian UNESCO 2019 nanti, Geopark Merangin bisa lolos, sehingga statusnya naik dari Geopark Merangin menjadi Geopark Dunia. Untuk itu Geopark Merangin akan terus kita kembangkan,” tegas Haris.

Pada acara Konfrensi Nasional I Geopark Indonesia tersebut, Merangin membuka stand Geopark Merangin, menampilkan berbagai kerajinan dan informasi tentang Geopark Merangin.

Sementara itu Menko Kemaritiman RI mengakui, potensi Geopark Merangin sangat besar bisa diakui Dunia. Untuk itu Menko berharap masyarakat Merangin bisa bersama-sama bisa membawa wisatawan lokal ini ke kalas dunia.

“Geopark Merangin  Merangin  sangat unik dan langka, karena fosil di Merangin sangat tua dan lengkap disana. Ini merupakan hal yang luar biasa agar bisa di promosikan lagi,” ujarnya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Ketua DPRD : Kami Terus Bekerja, Kami Tidak Tidur

Kamis, 24 Maret 2022 | 13:14 WIB

Fadli Sudria Fasilitasi TPA Regional

Rabu, 4 Agustus 2021 | 08:01 WIB

PJ Gubernur Pamit ke DPRD Provinsi Jambi

Senin, 21 Juni 2021 | 14:45 WIB

Pj Gubernur Apresiasi Pemkab Tebo

Jumat, 18 Juni 2021 | 14:34 WIB

Sy Fasha Pimpin Misi Kemanusiaan Kota Jambi Peduli

Selasa, 15 Juni 2021 | 14:41 WIB
X